Becoming Sophisticated About Risk

Penerapan Dividen Dalam CFD Saham


Selasa, 5 Juni 2012 10:36 WIB

Penerapan Dividen Dalam CFD Saham

Ditulis oleh: Dwi Arie Yuanto / Division Manager Monex Surabaya

 

Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis.

Dividen dapat dibagi menjadi empat jenis:

  1. Dividen tunai; metode paling umum untuk pembagian keuntungan. Dibayarkan dalam bentuk tunai dan dikenai pajak pada tahun pengeluarannya.
  2. Dividen saham; cukup umum dilakukan dan dibayarkan dalam bentuk saham tambahan, biasanya dihitung berdasarkan proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contohnya,  setiap 100 saham yang dimiliki,  dibagikan 5 saham tambahan. Metode ini mirip dengan stock split karena dilakukan dengan cara menambah jumlah saham sambil mengurangi nilai tiap saham sehingga tidak mengubah kapitalisasi pasar.
  3. Dividen properti; dibayarkan dalam bentuk aset. Pembagian dividen dengan cara ini jarang dilakukan.
  4. Dividen interim; dibagikan sebelum tahun buku Perseroan berakhir.

Kebijakan Dividen

Informasi yang diberikan pada saat pengumuman dividen lebih berarti daripada pengumuman earning. Bagi para investor, dividen merupakan hasil yang diperoleh dari saham yang dimiliki, selain capital gain yang didapat apabila harga jual saham lebih tinggi dibanding harga belinya.

Dividen tersebut didapat dari perusahaan sebagai distribusi yang dihasilkan dari operasi perusahaan. Hanya perusahaan dengan tingkat kemampuan laba yang tinggi dan prospek ke depan yang cerah, yang mampu untuk membagikan dividen. Banyak perusahaan yang selalu mengkomunikasikan bahwa perusahaannya memiliki prospek yang cerah namun bila menghadapi masalah keuangan sudah tentu perusahaan tersebut akan kesulitan untuk membayar dividen.

Dengan membagikan dividen, perusahaan memberikan sinyal pada pasar bahwa perusahaan tersebut memiliki prospek ke depan yang cerah dan mampu untuk mempertahankan kebijakan dividen yang telah ditetapkan pada periode sebelumnya. Perusahaan dengan prospek ke depan yang cerah, akan memiliki harga saham yang semakin tinggi.

Bertransaksi CFD tidaklah lepas dari dividen. Pemegang  CFD saham dengan posisiBeli akan menerima dividen sedangkan pemegang CFD saham dengan posisi Jualakan membayar dividen. Untuk penyesuaian dividen yang berlaku, posisi diharuskan telah terbuka sebelum ex-dividend date.

Contoh : Diasumsikan Goldman-Sachs akan membayar dividen sebesar $0.35 per lembar

Posisi Buy CFD

Anggap anda memiliki posisi Buy untuk Goldman-Sachs (GS), dan anda menyimpan posisi tersebut sampai akhir sesi perdagangan di hari sebelum ex-dividend date untuk GS. Anda akan menerima dividen sebesar $0.35/ lembar saham sebagai penyesuaian dividen pada akhir sesi perdagangan di ex-dividend date. Jika anda mempunyai posisi beli 1000 lembar saham maka anda akan menerima $350.- pada hari tersebut (dalam CFD tidak dikenakan pajak atas dividen yang diterima).

Posisi Sell CFD

Anggap anda memiliki posisi Sell untuk Goldman-Sachs (GS), dan anda menyimpan posisi tersebut sampai akhir sesi perdagangan di hari sebelum ex-dividend date untuk GS. Anda akan membayar dividen sebesar $0,35/ lembar saham sebagai penyesuaian dividen pada akhir sesi perdagangan di ex-dividend date. Jika anda mempunyai posisi jual 1000 lembar saham maka anda akan membayar $350.- pada hari tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s