Becoming Sophisticated About Risk

Manfaat Trading CFD Saham


Selasa, 29 Mei 2012 11:29 WIB

Manfaat Trading CFD Saham

Ditulis oleh: Dwi Arie Yuanto / Division Manager Monex Surabaya

 

CFD yang merupakan singkatan dari Contract for Difference pertama kali diluncurkan pada awal tahun 1990-an di Inggris atas permintaan beberapa institusi trader danhedge fund besar. Korporasi jasa perantara investasi ini menginginkan agar saham dapat dijual tanpa harus melibatkan dana pinjaman dan biaya yang besar.

CFD adalah sebuah produk derivatif turunan dari instrumen lain yang sudah ada. Karakteristik yang menarik investor adalah keterlibatan modal yang jauh lebih kecil, karena CFD menggunakan konsep margin trading. Melalui penggunaan konsep ini, investor atau trader dapat menerima keuntungan atau kerugian dengan jumlah yang sama dengan perdagangan saham riil. Hanya dengan menggunakan skala modal lebih kecil.

Sebagai jenis perdagangan yang tidak memiliki aset, CFD memerlukan kontrak seperti halnya produk derivatif lain. Keterlibatan kontrak membuat CFD dapat diperdagangkan dengan likuiditas tinggi dan memiliki kemampuan utk short sell.

CFD dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Pada umumnya terdapat dua tujuan utama trader dalam pemanfaatan CFD. Tujuannya adalah diversifikasi dan hedging posisi yang ada.

1. Diversifikasi

CFD, karena dapat digunakan dengan leverage yang tinggi, dapat juga digunakan untuk diversifikasi risiko. Sedangkan pada pembelian saham secara konvensional di bursa, biasanya tidak ada unsur leverage, sehingga modal yang digunakan (biasanya membeli) hanya dapat membeli jumlah saham senilai dengan modalnya. Dengan CFD, Anda dapat menggunakan leverage untuk merancang portofolio 10 CFD saham dengan modal yang digunakan setara dengan satu kali transaksi saham di bursa (leverage 10:1).

Sebagai contoh, dengan modal sebesar $100,000, Anda membeli 100 lembar saham A senilai $1000 di bursa saham. Namun dengan CFD, Anda bisa membeli 10 jenis saham yang berbeda yang masing-masing berjumlah 100 lembar dengan nilai per saham $1000.

2. Hedging

Dalam hal ini, CFD menawarkan peluang hedging yang sempurna bagi portofolio saham Anda. Terdapat hubungan yang sangat erat baik dari sisi harga dan kuantitas antara saham dan CFD. Pada saat koreksi terjadi, Anda memerlukan posisi yang berlawanan untuk melindungi nilai saham dan sama sekali tidak terpengaruh atas fluktuasi yang terjadi. Ketika pasar sudah memiliki arah pergerakan yang jelas, Anda kemudian dapat melepaskan hedging.

Terdapat tiga keunggulan utama melakukan hedging saham melalui CFD:

  1. Modal yang diperlukan jauh lebih rendah akibat penggunaan leverage di CFD.
  2. Pajak tidak dikenakan pada keuntungan modal yang diperoleh dari CFD, sementara di saham terkena pajak.
  3. Tidak diperlukan likuidasi posisi saham Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s