Becoming Sophisticated About Risk

Market Outlook Today


EMAS

Komoditi Emas pada penutupan perdagangan di akhir minggu lalu ditutup menguat cukup signifikan, menguatnya komoditi ini dipicu oleh membaiknya sentimen pasar setelah Russia menyatakan telah meningkatkan cadangan devisa berupa Emas di bulan Juni lalu. Akan tetapi kerugian di bursa saham dan terjunnya harga Minyak mentah masih memberikan hambatan lajunya komoditi ini. Pada sesi awal perdagangan akhir minggu lalu komoditi Emas bergerak melemah setelah mata uang Euro merosot tajam, kekhawatiran mengenai perlunya bailout untuk Spanyol kembali menghambat lajunya Emas akan tetapi kabar peningkatan cadangan Emas di bank sentral Russia kembali memberikan dorongan kenaikan bagi komoditi ini.

EUR/USD

Mata uang tunggal Eropa pada akhir minggu lalu bergerak merosot cukup tajam ke level terendah 2 tahun terhadap USD setelah wilayah Valencia Spanyol mengatakan pemerintah pusat akan mencari bantuan untuk membayar kembali utangnya, menambah keprihatinan dan kekhawatiran bahwa negara dengan ekonomi terbesar ke 4 di kawasan zona Eropa tersebut kemungkinan akan terpaksa meminta bantuan bailout internasional. Yunani kembali menjadi sorotan para pelaku pasar dalam minggu ini ketika para pejabat dari IMF, Komisi Eropa, dan ECB kembali ke Athena untuk memutuskan apakah akan mengeluarkan dana lebih lanjut dari paket bailout senilai 130 M Euro.

HANGSENG

Bursa saham Hongkong pada pembukaan di awal minggu Senin pagi ini dibuka merosot tajam, setelah bursa AS dan Eropa terpukul oleh kembalinya kekhawatiran bahwa Spanyol akan terpaksa memohon bantuan dana penyelamatan untuk menghindari kebangkrutan. Bursa saham global akhir minggu lalu terhantam melemah setelah Valencia salah satu propinsi di Perancis yang harus membayar 2.85 M Euro utang jatuh tempo akhir tahun ini memohon bantuan dari pemerintah pusat. Ada beberapa saham lapis biru yang merosot pagi ini diantaranya adalah Cheung Kong, HSBC, dan Hang Seng.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s