Becoming Sophisticated About Risk

Market Outlook Today


EMAS

Komoditi Emas dunia mengalami penurunan dalam minggu ini merupakan yang terparah dalam 4 bulan terakhir, dalam perdagangan kemarin Komoditi Emas sempat terpangkas hingga sebesar 2,4% ini adalah penurunan terbesar selama dalam 2 minggu. Penurunan harga Emas mengekor anjloknya harga komoditas dan pasar saham dunia, pasar saham global masuk ke dalam pasar bearish untuk pertama kali dalam dua tahun terakhir. Para pelaku pasar mencemaskan mengenai kondisi krisis utang di Eropa dan kemungkinan terjadinya resesi di AS. Apalagi the Federal Reserve sebelumnya mengungkapkan outlook perekonomian AS memiliki resiko penurunan yang sangat signifikan. Pernyataan the Fed tersebut juga ikut mendongkrak keperkasaan dollar ke level paling tinggi dalam 7 bulan terakhir terhadap 6 mata uang utama dunia.

EUR/USD

Mata uang tunggal Eropa mengalami pergerakan melemah terhadap US dolar pada perdagangan di hari Kamis, menguatnya US Dolar dipicu oleh pernyataan The Fed yang akan merubah portofolionya ke Obligasi jangka panjang dengan menggunakan apa yang dikenal pasar sebagai Operation Twist yang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian dengan menempatkan lebih banyak tekanan pada suku bunga jangka panjang. The Fed juga menyatakan tidak akan mencetak uang baru meski begitu suramnya pandangan The Fed terhadap perekonomian telah memicu kekhawatiran investor.

HANGSENG

Bursa saham Hongkong pada perdagangan di Jumat pagi mengalami kemrosotan yang cukup signifikan, bursa saham Hongkong kembali melemah terpukul oleh kekhawatiran mengenai makin memburuknya kondisi ekonomi global setelah The Fed memperingatkan bahwa ekonomi AS masih memiliki risiko penurunan yang tinggi. Saham – saham di bursa Hongkong lesu, adapun saham – saham yang mengalami pelemahan diantaranya adalah HSBC , Hangseng Bank , dan Wharf Holdings.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s